AdPlus adalah layanan solusi bisnis online
seperti Google AdSense. Bedanya, AdPlus dibuat orang Indonesia. Dilihat dari
advertiser (pemasang iklan) yang menjadi klien AdPlus yang meliputi brand-brand
besar, transparansi tim manajemen dan review para publisher AdPlus, tampaknya
AdPlus cukup menjanjikan.
Namun kelebihan-kelebihan itu comes with a price: AdPlus memberlakukan sejumlah persyaratan yang cukup berat terutama bagi webmaster dan blogger pemula. Misalnya, situs harus memakai top domain dan pageview harus 200.000 perbulan. Kekurangan dari AdPlus adalah waktu pembayaran yang menganut sistem net-90 artinya dibayar setelah 90 hari. Bandingkan dengan Adsense dan Chitika yang memakai sistem net-30. Kelebihan AdPlus adalah tidak ada minimum threshold.
Namun kelebihan-kelebihan itu comes with a price: AdPlus memberlakukan sejumlah persyaratan yang cukup berat terutama bagi webmaster dan blogger pemula. Misalnya, situs harus memakai top domain dan pageview harus 200.000 perbulan. Kekurangan dari AdPlus adalah waktu pembayaran yang menganut sistem net-90 artinya dibayar setelah 90 hari. Bandingkan dengan Adsense dan Chitika yang memakai sistem net-30. Kelebihan AdPlus adalah tidak ada minimum threshold.
PENDAFTARAN ADPLUS
Sebelum mendaftar, sebaiknya melihat dulu syarat
pendaftarannya.
1. Kunjungi: adplus.co.id
2. Isi formulir pendaftaran
3. Klik Submit.
Tunggu persetujuan dari tim AdPlus di email
Anda.
PERSYARATAN UNTUK MENDAFTAR ADPLUS
Syarat daftar AdPlus mirip dengan Innity dalam
arti situs yang mendaftar harus memiliki traffic yang cukup tinggi yaitu
200.000 (dua ratus ribu) pageviews perbulan. Syarat selengkapnya sbb:
1. Memiliki Pageview minimal 200.000 PV / bulan
selama tiga bulan terakhir di buktikan dengan screen shot dari google analitik.
2. Website/situs/blog termasuk dalam kategori
News & Business, Women, Technology, Lifestyle, Sports dan Youth.
3. Situs/blog menggunakan TLD alias Top Level
Domain (.com .net .org dll)
4. Tidak ada konten racism, pornografi, narkoba
dan yang melanggar UU ITE.
MODEL KERJA SAMA BISNIS ADPLUS
Setelah diterima jadi publisher AdPlus, Anda
akan diminta untuk memilih sistem kerja sama bisnis online berikut:
CPV (Cost per Visit). Dibayar untuk setiap
kunjungan oleh pengunjung ke situs Anda.
CPC (Cost Per Click). Dibayar berdasar jumlah
klik yang dilakukan pengunjung pada iklan.
CPL (Cost per Lead). Dibayar atas setiap
penjualan produk dari iklan yang di situs Anda.
CPS (Cost per Sales). Dibayar untuk setiap
transaksi penjualan langsung dari iklan.
CPM (Cost Per Mile). Dibayar atas setiap 1.000 (seribu)
kunjungan ke situs Anda.
WAKTU PEMBAYARAN
Waktu pembayaran adalah net-90. Tampaknya inilah
kekurangan dari AdPlus. Anda akan dibayar setelah 90 hari. Misalnya, pada 31
Januari 2012 Anda dapat Rp. 1 juta. Maka uang tersebut akan dikirim ke Anda pada
bulan April 2012.
Dalam situs resminya, AdPlus menjelaskan
demikian: "AdPlus membayar publisher 90 hari setelah publisher menerima
PMB (Publisher Monthly Report) kami yang akan dikirim setiap minggu kedua
setiap bulan. Misalnya, apabila kampanye iklan mulai tayang dari 1 sampai 31
Januari, maka AdPlus akan mengirim PMG pada minggu kedua Februari dan membayar
publisher 90 hari setelah PMB dikirim. Kami menjamin pembayaran tepat waktu
bahkan seandainya klien menunda pembayaran atau tidak membayar."
FLEKSIBILITAS DAN KEUNGGULAN ADPLUS
Beberapa keunggulan/perubahan system ADPLUS
antara lain:
1. Dashboard sudah menggunakan waktu lokal
2. Publisher dapat menolak campaign langsung
dari dashboard tanpa harus mengirimkan konfirmasi via email
3. Publisher dapat melakukan preview
campaign-campaign yg sedang/sebelum tayang di adnetwork AdPlus
4. Memiliki 1 tambahan ukuran banner yaitu
250x250 (selain 300x250)
5. Publisher dapat mengganti default banner
AdPlus dengan Alternate Ads/Default Ad langsung dari dashboard
6. Tidak mengikat Publisher atas spot iklan yang
diberikan kepada AdPlus. Apabila memang ada direct brand / single buying yang
akan beriklan di spot AdPlus maka script AdPlus dapat dilepas sampai periode
iklan direct brand berakhir atau dipindahkan ke spot lain yang sedang kosong.
HARGA PERKLIK (PPC) DAN CPM (PERSERIBU
PENGUNJUNG)
Ada dua versi iklan dalam AdPlus yaitu versi Web
dan Mobile (HP, Ponsel). Harganya sbb:
VERSI WEBSITE
1. CPC (Cost Per Click): USD 0.2 – USD 0.6
tergantung jenis banner
2. CPM (Cost per Thousand Impression): USD 1.5 –
USD 4 tergantung jenis banner yang ada.
VERSI MOBILE
CPC berkisar di : USD 0.05 – USD 0.1 tergantung
jenis banner yang Anda pasang.
Share revenue AdPlus adalah 60:40 = Publisher :
AdPlus
Demikian sedikit info tentang AdPlus, semoga bermanfaat,...
Salam,......
Demikian sedikit info tentang AdPlus, semoga bermanfaat,...
Salam,......
No comments:
Post a Comment